Cerpen Anak Mimpi Menakutkan Rinjani

Dimuat di analisa-anak Edisi Sunday, 20 November 2016
Oleh - Dibaca: 50 kali -   No comments


Rinjani yang berumur empat tahun berdiri menatap cermin dan sesekali ia memperlihatkan gigi-gigi mungilnya yang geripis di depan cermin tersebut. Tak jarang ia bertanya-tanya pada mamanya kenapa giginya bisa seperti ini. Namun, mamanya yang sangat sibuk sering sekali mengabaikan pertanyaan Rinjani dan tak jarang membuat Rinjani sedih. Dia juga iri melihat Tiar salah satu temannya yang memiliki gigi putih dan tersusun dengan rapi.

Setiap malam sebelum Rinjani tidur ia sering sekali berdiri di depan jendela dan melihat langit sambil berdoa “Ya Allah, kenapa gigi Rinjani seperti ini, Rinjani ingin punya gigi yang bagus seperti gigi Tiar Ya Allah” Rinjani selalu mengucapkan doa pengharapan sambil menatap langit yang gelap.

Namun sayang Rinjani hanya berdoa tanpa berusaha untuk membersihkan giginya sebelum tidur. Bahkan pada siang hari Rinjani selalu saja makan makanan yang dapat menambah rusak giginya, seperti permen, lolipop, gulali, es krim, coklat dan makan-makanan manis lainnya. Hal yang paling Rinjani malas adalah menyikat giginya pada malam hari.

Menarik juga dibaca:   Cerpen Anak Mari Berkurban

Hingga pada suatu malam Rinjani bermimpi dalam tidurnya. Rinjani bermimpi melihat sebuat ulat raksasa yang mengerogoti setiap sudut giginya. Rinjani ketakutan dan berteriak sekuat yang Rinjani bisa untuk manggil mamanya. Namun sayang sampai ulat tersebut hampir habis memakan gigi Rinjani mama Rinjani tak juga datang, Rinjani pun mulai berteriak “Ulat jangan makan gigi ku” hingga berulang kali.

Namun ulat tersebut semakin banyak dan tak pernah mendengarkan permintaan dan permohonan rinjani untuk tidak memakan gigi Rinjani. Semakin lama gigi-gigi Rinjani semakin habis dan tak tersisa. Kini Rinjani seperti nenek-nenek yang sudah tua karena sudah tidak memiliki gigi lagi. Dan perlahan ulat-ulat yang tadinya banyak sekali, sedikit demi sedikit berkurang dan habis.

Menarik juga dibaca:   Cerpen Anak Jajan Sembarangan

Saat Rinjani terbangun dari tidurnya, ia langsung memeriksa giginya dengan jari tangannya. Lalu ia berteriak memanggil mamanya yang sibuk memasak sarapan. “MAMA!!!” teriak Rinjani.

Mama Rinjani pun langsung berlari ketika mendengar teriakan Rinjani dan langsung berkata, “Kenapa dek?” tanya mama Rinjani begitu sampai di kamar Rinjani.

“Gigi adek abis dimakan ulat ma, Rinjani udah gak punya gigi lagi” ujar Rinjani sambil menangis.

“Mana dek? Coba biar mama liat! Nanti adek hanya bermimpi?” tanya mama Rinjani seraya memastikan apa yang dikatakan Rinjani

“Nggak ma, tadi ada ulat besar yang makan gigi adek” jawab Rinjani

Menarik juga dibaca:   Cerpen Anak Pengasuh Pohon

“Sudah lah sayang, itu semua hanya mimpi, coba mari kita lihat di cermin apa benar gigi adk sudah habis?” sambil beranjak meninggalkan kasur tempat Rinjani tidur.

Saat sudah di depan cermin, Rinjani langsung memperlihatkan gigi-giginya masih geripis dan tak terjadi perubahan apa pun.

“Makanya adek kalau mau tidur harus sikat gigi dahulu, agar ulat-ulat yang ada di dalam mimpi adek tidak akan pernah datang lagi” nasehat mama rinjani

Dan sejak mimpi yang sangat menakutkan Rinjani itu terjadi, kini Rinjani menjadi rajin menyikat gigi sebelum tidur karena takut mimpi itu terulang kembali. Secara perlahan keinginan Rinjani memiliki gigi yang bagus seperti gigi Tiar hampir terwujut dan jadi kenyataan. ***

TERIMA KASIH Anda telah mengunjungi halaman Cerpen Anak Mimpi Menakutkan Rinjani oleh yang terbit pada Sunday, 20 November 2016 di analisa-anak. Jika konten hanya berbentuk gambar, silakan klik pada gambar untuk memperbesar agar teks tulisan bisa jelas terbaca. Anda bisa berkontribusi dengan mengetik ulang konten yang masih berbentuk gambar ke dalam bentuk teks dan kirimkan ke email sastracerpen@gmail.com untuk dimuat disini. Anda bisa juga berdonasi tanpa uang untuk memperpanjang website ini agar terus online dan kontennya terus bertambah dengan mengunjungi iklan partner yang muncul di website ini. Jika ingin meng-copy konten di website ini untuk web/blog, bahan pelajaran, penulisan buku atau karya ilmiah lainnya, kami persilakan dengan syarat menyebutkan www.sastracerpen.com sebagai sumbernya. Terima kasih, selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

KLIK (X) 2x Untuk Menutup

Selamat Membaca

Cerpen Anak Mimpi Menakutkan Rinjani

×
KLIK (X) 2x Untuk Menutup

Selamat Membaca

Cerpen Anak Mimpi Menakutkan Rinjani

×