Cerpen Anak Semangat Baru Ratna

Dimuat di analisa-anak Edisi Sunday, 06 November 2016
Oleh - Dibaca: 95 kali -   No comments


“HOREEE …,” sorak Ratna riang.

Hari ini dia sangat senang karena lusa ia akan kembali ke sekolah. Ratna bersekolah di sebuah SDN di Desa Sei Serindan, Asahan, Sumatera Utara.

Tahun ajaran baru berarti ada buku, tas, alat tulis, sepatu dan baju baru. Ratna sudah lama ingin peralatan sekolah yang baru-baru.

“Yah, nanti sore kita jadi ke toko, kan?” tanya Ratna. Ia mengingatkan Ayah. Khawatir kalau Ayah melupakan janjinya.

Ayah meletakkan koran yang sedang dibaca.

“Tentu saja, Sayang.” Ayah mengusap lembut rambut Ratna.

Siang harinya, ia bermain bersama Asih. Asih adalah teman sekelas Ratna. Ayahnya sudah meninggal ketika ia berumur dua tahun. Asih dan ibunya tinggal tidak jauh dari rumah Ratna. Ibu Asih membuka sebuah warung nasi uduk. Ratna sering membeli nasi uduk di warung Asih.

Menarik juga dibaca:   Cerpen Anak Terima Kasih Guruku

“Nanti sore aku dan Ayah akan membeli peralatan sekolah yang baru,” cerita Ratna. Ia sibuk menata mainan masak-masakannya.

“Wah, senangnya jadi Ratna. Kelas baru semuanya baru juga,” ujar Asih.

“Kamu sudah beli?” tanya Ratna.

Asih menggeleng.

Asih bilang dia tidak beli buku, tas, alat tulis, sepatu dan baju baru seperti Ratna.

“Masih ada punya Kak Ita yang bisa kupakai.” Asih tersenyum.

Menarik juga dibaca:   Cerpen Anak Mari Berkurban

Mendengar ucapan Asih, Ratna terdiam. Ternyata, Asih tidak membeli peralatan sekolah baru.

“Sisa buku tulis Kak Ita masih banyak yang kosong. Aku dan Kak Ita sudah mengumpulkan lembaran kosong terus menjilidnya. Jadi buku baru lagi, deh!” ucap Asih riang.

Ratna jadi tidak enak hati. Sebenarnya buku tulis Ratna juga masih banyak yang kosong. Tas, alat tulis, sepatu dan baju juga masih bisa dipakai.

“Yuk, kita pergi ke toko,” ajak Ayah sore harinya.

Tapi wajah Ratna terlihat tidak bersemangat. Lalu, Ratna menceritakan tentang Asih.

“Benar, Sayang. Kalau peralatan sekolah kita masih bisa dipakai, sebaiknya pakai itu saja. Uang untuk membeli peralatan sekolah baru bisa ditabung untuk keperluan lain,” ujar Ayah bijak.

Menarik juga dibaca:   Cerpen Anak Sebatang Cokelat untuk Jodi

Ratna mengangguk. Ia mengiyakan kata-kata Ayah.

Ratna jadi teringat. Selama ini Asih selalu meraih juara kelas. Itu karena ia selalu bersemangat. Bukan karena peralatan sekolah serba baru.

“Yah, kita tidak udah jadi ke toko, ya. Peralatan sekolah Ratna masih bisa dipakai kok,” ujar Ratna.

Ayah mengangguk sambil tersenyum. Beliau menatap putrinya dengan bangga. Ratna berjanji akan lebih semangat belajar. Karena kelas baru artinya semangat belajar baru! (***)

TERIMA KASIH Anda telah mengunjungi halaman Cerpen Anak Semangat Baru Ratna oleh yang terbit pada Sunday, 06 November 2016 di analisa-anak. Jika konten hanya berbentuk gambar, silakan klik pada gambar untuk memperbesar agar teks tulisan bisa jelas terbaca. Anda bisa berkontribusi dengan mengetik ulang konten yang masih berbentuk gambar ke dalam bentuk teks dan kirimkan ke email [email protected] untuk dimuat disini. Anda bisa juga berdonasi tanpa uang untuk memperpanjang website ini agar terus online dan kontennya terus bertambah dengan mengunjungi iklan partner yang muncul di website ini. Jika ingin meng-copy konten di website ini untuk web/blog, bahan pelajaran, penulisan buku atau karya ilmiah lainnya, kami persilakan dengan syarat menyebutkan www.sastracerpen.com sebagai sumbernya. Terima kasih, selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

KLIK (X) 2x Untuk Menutup

Selamat Membaca

Cerpen Anak Semangat Baru Ratna

×
KLIK (X) 2x Untuk Menutup

Selamat Membaca

Cerpen Anak Semangat Baru Ratna

×