Cerpen Anak Bunga Kembang Sepatu untuk Ayah

Dimuat di analisa-anak Edisi Sunday, 13 November 2016
Oleh - Dibaca: 80 kali -   No comments


Namanya Vina. Vina masih duduk dibangku sekolah dasar. Ia memiliki ayah dan ibu yang baik hati. Vina sangat sayang kepada kedua orangtuanya. Ia juga termasuk anak yang patuh terhadap nasihat orangtua. Namun beberapa hari belakangan ini, Vina merasa sedih melihat ayahnya yang terbaring di tempat tidur. Setiap Vina bertanya kepada ibu tentang sakit ayah, ibu selalu menjawab “Ayah hanya butuh istirahat saja nak, Vina doakan saja ya.” Begitulah yang disampaikan ibu kepadanya.

Semenjak Ayahnya sakit, Vina pergi sekolah sendiri dan pulang tepat waktu untuk merawat ayahnya. Ia memijatin ayah, menyuapkan nasi ketika ayah makan, dan bercerita banyak hal tentang sekolahnya.

“Ayah, sakit demam ya?” Tanya Vina kepada Ayah.

Ayah tersenyum melihat putrinya begitu mencemaskannya. Sambil mengeluskan kepala Vina, Ayah pun menjawab.

“Iya nak, ayah sedang sakit. Tapi ayah tidak apa-apa kok.” Ujar Ayah.

Dia begitu cemas dengan sakit ayahnya. Bagi usianya, sakit demam itu sangat mengerikan. Ia tidak bisa membayangkan kalau Ia yang terkena demam. Pasti Ia tidak bisa sekolah, bermain dengan teman-temannya, nafsu makan menurun, tidak bisa minum ice cream dan terbaring seperti ayah.

Suatu ketika, ibu menghampiri Vina yang sedang mengerjakan tugas sekolahnya.

Menarik juga dibaca:   Cerpen Anak Gara-gara Permen Lolipop

“Vina tahu tidak, hari minggu ulang tahun ayahloh.”

“Benarkah bu? asyik berarti kita buat kue untuk ayah ya bu? sahut Vina dengan matanya yang melebar.

“Iya nanti kita buat kue ya. Vina jangan kasih tau ayah. Biar kejutan nak.” Ujar ibu dengan memberikan jari kelingking sebagai pertanda janji.

“Iya bu. Janji kelingking Vina.” Vina tersenyum bahagia.

Tetapi, Vina jadi bingung. Dia harus memberikan apa buat ayahnya. Tahun lalu ia memberikan kue brownies hasil buatannya dengan ibu sebagai kado untuk ayah. Tahun 2016 ini, Dia ingin berbeda. Dia ingin yang berkesan buat ayah. Ulang tahun ayah tinggal menghitung hari. Vina benar-benar bingung. Dimana-mana Ia kepikiran buat kado untuk ayah. Di sekolah pun Vina tetap memikirkannya. Hingga teman sebangkunya Dina bertanya.

“ Vina kenapa? dari tadi aku perhatikan diam saja.” Tanya Dina kepada Vina

“Vina bingung Din, ayah sebentar lagi ulang tahun. Vina tidak tahu ingin memberikan apa kepada ayah. Lalu sekarang ayah sedang sakit demam juga.” jawab Vina lirih.

“Vina kasih sesuai uang jajan Vina saja. Kita kan masih kecil. Ayahku saja aku ucapin udah senang.” Kata Dina

Menarik juga dibaca:   Cerpen Anak Hadiah Terindah Saat Ramadan

“Tetap saja bingung Din. Ada usul lain tidak?” Harap Vina

Mereka berdua pun diam. Memikirkan hadiah buat ayah Vina. Hingga beberapa saat Dina memberikan ide.

“Bagaimana kalau Vina memberikan bunga kembang sepatu saja buat ayah Vina. Bunga kembang sepatukan sangat bermanfaat buat sakit demam.” Usul Dina tiba-tiba.

“Oh iya, itukan kata ibu Winni ketika menjelaskan pelajaran IPA. Tapi dimana Vina bisa menemukan bunga kembang sepatu Din?” Tanya Vina sambil menggaruk- garukkan kepalanya karena bingung.

“Itu gampang. Di rumah Ratih pagar rumahnyakan bunga kembang sepatu Vin?” jawab Dina.

Keesokan harinya, tepat hari ulang tahun Ayah. Vina pun berpamitan kepada ibunya untuk bermain-main bersama Dina. Kali ini, Vina tidak bisa membantu ibunya membuat kue, Dia harus segera mendapatkan bunga kembang sepatu itu. Sebab kata ibu, mereka akan memberikan kejutan kepada ayah siang harinya.

Pagi-pagi sekali Vina dan Dina bersilatuhrahmi kerumah Ratih. Tujuan Vina kerumahnya pun disambut hangat oleh Ratih dan ibunya.

“Nak Vina, bukan bunga kembang sepatu yang menyembuhkan sakit demam. Tetapi, daunnyalah yang dapat menyembuhkan. Nanti Vina campurkan dengan minyak makan dan bawang merah satu biji ya. Oleskan ke kepala ayah. Ibu doakan semoga cepat sembuh ya buat ayahnya.” Petuah Ibu Ratih kepada Vina.

Menarik juga dibaca:   Cerpen Anak Terima Kasih Guruku

Setelah Vina mengambil bunga dan daunnya. Vina pun menemui ibunya. Ternyata ibu sudah menunggunya dari tadi. Mereka berdua pun mendatangi kamar ayah. Sambil menyanyikan lagu ulang tahun Vina pun menyodorkan semangkok daun kembang sepatu yang sudah dicampurkan minyak makan dan bawang merah.

“Selamat ulang tahun ayah. Vina ingin ayah sembuh, makanya Vina berikan kado ini buat Ayah.” Ucap Vina sambil mengusapin daun kembang sepatu di kepala ayahnya.

“Terima kasih anakku. Ayah sangat senang hadiah pemberian Vina.” jawab ayah mengelus pipi Vina.

Sore harinya, panas di tubuh ayah menurun. Ayah sudah bisa makan sendiri. Vina sangat senang di hari ulang tahun ayah, ayah bisa sembuh karena daun kembang sepatu yang Ia berikan. Melihat ayahnya sudah mulai pulih. Vina pun memeluk ayahnya sembari memberikan bunga kembang sepatu kepada ayah.

“Vina sayang ayah.” bisik Vina.

“Ayah juga sangat sayang sama dokter kecil ayah ini.” Kecup ayah dikening Vina. Mendengar itu, Ibu langsung menyindir Vina dengan menggelitiknya.

“Jadi, sama ibu tidak sayang nak?”

“Sangat sayang ibu.” Jawab Vina kemudian merangkul kedua orangtuanya.***

TERIMA KASIH Anda telah mengunjungi halaman Cerpen Anak Bunga Kembang Sepatu untuk Ayah oleh yang terbit pada Sunday, 13 November 2016 di analisa-anak. Jika konten hanya berbentuk gambar, silakan klik pada gambar untuk memperbesar agar teks tulisan bisa jelas terbaca. Anda bisa berkontribusi dengan mengetik ulang konten yang masih berbentuk gambar ke dalam bentuk teks dan kirimkan ke email [email protected] untuk dimuat disini. Anda bisa juga berdonasi tanpa uang untuk memperpanjang website ini agar terus online dan kontennya terus bertambah dengan mengunjungi iklan partner yang muncul di website ini. Jika ingin meng-copy konten di website ini untuk web/blog, bahan pelajaran, penulisan buku atau karya ilmiah lainnya, kami persilakan dengan syarat menyebutkan www.sastracerpen.com sebagai sumbernya. Terima kasih, selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

KLIK (X) 2x Untuk Menutup

Selamat Membaca

Cerpen Anak Bunga Kembang Sepatu untuk Ayah

×
KLIK (X) 2x Untuk Menutup

Selamat Membaca

Cerpen Anak Bunga Kembang Sepatu untuk Ayah

×