Cerbung Mpu Gama 02 Permata di Antara Anak Cucu

Dimuat di radarkediri-cerbung Edisi Tuesday, 18 July 2017
Oleh - Dibaca: 34 kali -   No comments


“Barang empat lima windu bertahan hidup, anak cucu Dyah Hasin bertebaran ke berbagai negeri yang jauh meninggalkan Kedhaton Hasin yang merana kesepian”

Pada tahun 710 Saka sewaktu Narapati Anana mangkat digantikan oleh putera terkasihnya, Narapati Amertajaya, terjadi sesuatu yang tidak disangka-sangka karena Rakai Panunggalan cucu Rakai Mataram Ratu Sanjaya secara mendadak menyerbu dan menguasai Kedhaton Kanjuruhan.

Narapati Amertajaya gugur dalam mempertahankan kedhaton. Putera mahkota Kanjuruhan Dyah Ranu dibawa ke Mataram dan diangkat menjadi anak oleh Rakai Panunggalan dengan diberi kedudukan sebagai Kanuruhan.

Adik Dyah Ranu yang berhasil meloloskan diri, Dyah Hasin, tinggal tersembunyi di lembah barat Gunung Mahameru sebagai raja kecil yang memiliki wilayah tidak lebih dari tiga wisaya. Barang empat lima windu bertahan hidup, anak cucu Dyah Hasin bertebaran ke berbagai negeri yang jauh meninggalkan Kedhaton Hasin yang merana kesepian, yang dengan berbagai siasat berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain.

Menarik juga dibaca:   Cerbung Mpu Gama 03 Menderita di Bawah Kekuasaan Raja

Berbelas windu berlalu anak keturunan Narapati Gajayana berserakan di berbagai negeri – dengan sebagian mengabdi sebagai Kanuruhan di Medang Mataram – sampai lahir permata di antara anak cucu Narapati Dewasimha dari galur Narapati Gajayana: Rakryan Sri Mahamentri Pu Sindok Sang Sri Sajjanotunggadewawijaya, putera Rakai Wka Sri Sajjanotunggadewa.

Menarik juga dibaca:   Cerbung Mpu Gama 05 Tumapel Negara Sakawat Bhumi

Dari permata di antara anak cucu Narapati Dewasimha yang naik tahta dengan gelar Sri Maharaja Rake Hino Sri Isana Wikramadharmotunggadewa yang berkedhaton di Watugaluh itulah bangkit kembali anak-anak Gajayana dari bawah reruntuhan kebesaran masa silamnya.

Kemakmuran dan kesejahteraan yang selama belasan windu menghilang, tiba-tiba menebar kembali di belahan bumi timur Jawadwipa. Dalam usaha membangun kekuatan dan kekuasaan yang lebih kuat, Sri Maharaja Rake Hino Sri Isana Wikramadharmotunggadewa, membagi-bagi tanah sima bagi siapa pun di antara pendudukan yang tinggal di bekas wilayah Kanjuruhan yang setia mengabdi kepadanya.

Menarik juga dibaca:   Cerbung Mpu Gama 04 Perintah Menyerang Kutaraja Panjalu

Dengan kedhaton di Watugaluh dan kutaraja di Tamwlang Kahuripan, Sri Maharaja Rake Hino Sri Isana Wikramadharmotunggadewa Pu Sindok mengumpulkan serpih-serpih keturunan Sri Narapati Dewasimha untuk membangunan kekuasaan baru di bekas wilayah kekuasaan datu leluhur.

Kedermawanan dan keadilan serta perlindungan yang diberikan Sri Maharaja Rake Hino Sri Isana Wikramadharmotunggadewa kepada para kawula, telah menimbulkan gelombang perpindahan penduduk dari wilayah Mataram ke timur.(bersambung)

TERIMA KASIH Anda telah mengunjungi halaman Cerbung Mpu Gama 02 Permata di Antara Anak Cucu oleh yang terbit pada Tuesday, 18 July 2017 di radarkediri-cerbung. Jika konten hanya berbentuk gambar, silakan klik pada gambar untuk memperbesar agar teks tulisan bisa jelas terbaca. Anda bisa berkontribusi dengan mengetik ulang konten yang masih berbentuk gambar ke dalam bentuk teks dan kirimkan ke email [email protected] untuk dimuat disini. Anda bisa juga berdonasi tanpa uang untuk memperpanjang website ini agar terus online dan kontennya terus bertambah dengan mengunjungi iklan partner yang muncul di website ini. Jika ingin meng-copy konten di website ini untuk web/blog, bahan pelajaran, penulisan buku atau karya ilmiah lainnya, kami persilakan dengan syarat menyebutkan www.sastracerpen.com sebagai sumbernya. Terima kasih, selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

KLIK (X) 2x Untuk Menutup

Selamat Membaca

Cerbung Mpu Gama 02 Permata di Antara Anak Cucu

×
KLIK (X) 2x Untuk Menutup

Selamat Membaca

Cerbung Mpu Gama 02 Permata di Antara Anak Cucu

×