Cerbung Mpu Gama 03 Menderita di Bawah Kekuasaan Raja

Dimuat di radarkediri-cerbung Edisi Wednesday, 19 July 2017
Oleh - Dibaca: 29 kali -   No comments


“Kebesaran Sri Maharaja Rake Halu Sri Lokeswara Dharmawangsa Airlangga terbelah menjadi Janggala dan Panjalu yang saling berperang berebut kuasa”

Dengan kedhaton di Watugaluh dan kutaraja di Tamwlang Kahuripan, Sri Maharaja Rake Hino Sri Isana Wikramadharmotunggadewa Pu Sindok mengumpulkan serpih-serpih keturunan Sri Narapati Dewasimha untuk membangunan kekuasaan baru di bekas wilayah kekuasaan datu leluhur.

Kedermawanan dan keadilan serta perlindungan yang diberikan Sri Maharaja Rake Hino Sri Isana Wikramadharmotunggadewa kepada para kawula, telah menimbulkan gelombang perpindahan penduduk dari wilayah Mataram ke timur.

Menarik juga dibaca:   Cerbung Mpu Gama 07 Tak Dapat Menahan Hasrat Cinta

Dengan sukarela dan penuh harapan, para pendatang yang merasa sengsara dan menderita di bawah kekuasaan raja-raja Mataram yang gemar membangun candi-candi besar, semua menyatakan sumpah setia untuk mengabdi kepada Sri Maharaja Rake Hino Sri Isana Wikramadharmotunggadewa Pu Sindok.

Sri Maharaja Rake Hino Sri Isana Wikramadharmotunggadewa Pu Sindok dikisahkan  menurunkan para raja besar dengan permata kemuliaan Sri Maharaja Rake Halu Sri Lokeswara Dharmawangsa Airlangga Ananta Wikramatunggadewa. Kebesaran Sri Maharaja Rake Halu Sri Lokeswara Dharmawangsa Airlangga pun terbelah menjadi Janggala dan Panjalu yang saling berperang berebut kuasa, di mana dalam perebutan tahta kekuasaan itu kekuatan Janggala dihancurkan oleh kekuatan Panjalu yang dipimpin Sang Mapanji Jayabhaya dalam pertempuran di Hantang.

Menarik juga dibaca:   Cerbung Mpu Gama 05 Tumapel Negara Sakawat Bhumi

Sri Maharaja Mapanji berkuasa laksana Wisynuwatara yang melimpahkan kemakmuran dan kesejahteraan di bawah keamanan dan kedamaian. Namun seperti mengulang kisah Sri Maharaja Rake Halu Sri Lokeswara Dharmawangsa Airlangga, tahta Panjalu yang ditinggalkan Sri Maharaja Mapanji Jayabhaya diperebutkan oleh dua orang puteranya: Sri Aryeswara dan Sri Sarweswara.

Menarik juga dibaca:   Cerbung Mpu Gama 06 Mimpi Ditemui Ksatria Piningit

Saling berebut tahta di antara keturunan Sri Maharaja Mapanji Jayabhaya berakhir sewaktu Sri Maharaja Kameswara naik tahta menggantikan saudara sepupunya, Sri Maharaja Sri Kroncaryadipa Sri Gandra.

Sri Kameswara menikah dengan Nararya Candrakirana, puteri maharaja Janggala yang berkedhaton di Tumapel : Sri Maharaja Jayamerta Sang Brahmaraja Girindrattama Girinatha Wiswarupakumara.

Selain memiliki puteri Nararya Candrakirana, Sri Maharaja Jayamerta memiliki pula putera yang menjadi putera mahkota, yang diberi kedudukan sebagai Ratu Angabhaya dengan gelar Sri Tarunaraja Girindratmaja Sang Brahmaraja Wiswarupalancana.(bersambung)

TERIMA KASIH Anda telah mengunjungi halaman Cerbung Mpu Gama 03 Menderita di Bawah Kekuasaan Raja oleh yang terbit pada Wednesday, 19 July 2017 di radarkediri-cerbung. Jika konten hanya berbentuk gambar, silakan klik pada gambar untuk memperbesar agar teks tulisan bisa jelas terbaca. Anda bisa berkontribusi dengan mengetik ulang konten yang masih berbentuk gambar ke dalam bentuk teks dan kirimkan ke email [email protected] untuk dimuat disini. Anda bisa juga berdonasi tanpa uang untuk memperpanjang website ini agar terus online dan kontennya terus bertambah dengan mengunjungi iklan partner yang muncul di website ini. Jika ingin meng-copy konten di website ini untuk web/blog, bahan pelajaran, penulisan buku atau karya ilmiah lainnya, kami persilakan dengan syarat menyebutkan www.sastracerpen.com sebagai sumbernya. Terima kasih, selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

KLIK (X) 2x Untuk Menutup

Selamat Membaca

Cerbung Mpu Gama 03 Menderita di Bawah Kekuasaan Raja

×
KLIK (X) 2x Untuk Menutup

Selamat Membaca

Cerbung Mpu Gama 03 Menderita di Bawah Kekuasaan Raja

×