Cerbung Mpu Gama 06 Mimpi Ditemui Ksatria Piningit

Dimuat di radarkediri-cerbung Edisi Saturday, 22 July 2017
Oleh - Dibaca: 26 kali -


“Nama Ken yang disandang Ken Endog adalah nama warisan kuno dari pendiri Kerajaan Kanjuuruhan Sri Narapati Gajayana, yang memiliki nama asli Ken Limwa”

Ranggah Rajasa, putera bungsu Sri Maharaja Jayamerta Sang Brahmaraja Girindrattama Girinatha Wiswarupakumara tidak dilahirkan di dalam lingkungan istana Tumapel.

Melainkan di kediaman ibundanya di desa Pangkur yang terletak di pinggir Alas Katangga (hutan wiracarita), yang menurut legenda adalah hutan tempat keluarnya Ksatria Piningit yang bakal menjadi Ratu Gung Binatara yang membawa keadilan, kemakmuran, kesejahteraan, dan keaman-tenteraman bagi seluruh penduduk Jawadwipamandala.

Menarik juga dibaca:   Cerbung Mpu Gama 05 Tumapel Negara Sakawat Bhumi

Ken Endog, ibunda Ranggah Rajasa, meski tinggal di desa terpencil namun bukanlah wanita dari golongan weisya, sudra apalagi candala. Ia berasal dari keluarga terhormat Gajapara, yang termasyhur sebagai keluarga pertapa yang suka mengasingkan diri dari kehidupan ramai duniawi.

Nama Ken yang disandang Ken Endog, adalah nama warisan kuno dari pendiri Kerajaan Kanjuuruhan Sri Narapati Gajayana, yang memiliki nama asli Ken Limwa.

Menarik juga dibaca:   Cerbung Mpu Gama 02 Permata di Antara Anak Cucu

Menurut cerita, pertemuan antara Ken Endog dengan Sri Maharaja Jayamerta Sang Brahmaraja Girindrattama Girinatha Wiswarupakumara. Yang Dipertuan negeri Jenggala, diawali dari ketidak-sengajaan sewaktu Sri Maharaja Jayamerta Sang Brahmaraja Girindrattama Girinatha Wiswarupakumara melakukan penyamaran ke Alas Katangga karena mimpi ditemui Ksatria Piningit yang mewujud sebagai bocah kecil keluar dari hutan legenda itu.

Tanpa diduga dan tanpa disangka-sangka, Sri Maharaja Jayamerta Sang Brahmaraja Girindrattama Girinatha Wiswarupakumara berpapasan di jalan yang membentang di pinggir hutan. Seperti Kama menyaksikan Ratih, Sri Maharaja Jayamerta Sang Brahmaraja Girindrattama Girinatha Wiswarupakumara seketika jatuh hati pada pandangan pertama.

Menarik juga dibaca:   Cerbung Mpu Gama 03 Menderita di Bawah Kekuasaan Raja

Dalam amukan cinta yang memabukkan, Sri Maharaja Jayamerta Sang Brahmaraja Girindrattama Girinatha Wiswarupakumara mngungkapkan perasaan cintanya kepada Ken Endog. Ken Endog yang juga terluka oleh panah asmara Kama, mengungkapkan perasaan hatinya, “Sungguh, hati hamba telah tertambat oleh Tuan. Tetapi tubuh hamba telah dipinang oleh pertapa muda yang masih kerabat hamba.” (bersambung ke-07)

TERIMA KASIH Anda telah mengunjungi halaman Cerbung Mpu Gama 06 Mimpi Ditemui Ksatria Piningit oleh yang terbit pada Saturday, 22 July 2017 di radarkediri-cerbung. Jika konten hanya berbentuk gambar, silakan klik pada gambar untuk memperbesar agar teks tulisan bisa jelas terbaca. Anda bisa berkontribusi dengan mengetik ulang konten yang masih berbentuk gambar ke dalam bentuk teks dan kirimkan ke email [email protected] untuk dimuat disini. Anda bisa juga berdonasi tanpa uang untuk memperpanjang website ini agar terus online dan kontennya terus bertambah dengan mengunjungi iklan partner yang muncul di website ini. Jika ingin meng-copy konten di website ini untuk web/blog, bahan pelajaran, penulisan buku atau karya ilmiah lainnya, kami persilakan dengan syarat menyebutkan www.sastracerpen.com sebagai sumbernya. Terima kasih, selamat membaca dan semoga bermanfaat.
KLIK (X) 2x Untuk Menutup

Selamat Membaca

Cerbung Mpu Gama 06 Mimpi Ditemui Ksatria Piningit

×
KLIK (X) 2x Untuk Menutup

Selamat Membaca

Cerbung Mpu Gama 06 Mimpi Ditemui Ksatria Piningit

×